Referensi novel bahasa indonesia

Breaking

Post Top Ad

Thursday, 16 August 2018

Arkhytirema Glosarium Jilid 1: Kelahiran

DILARANG KERAS MEMPERJUALBELIKAN ARTIKEL INI DALAM BENTUK APAPUN. INI ADALAH ARTIKEL GRATIS OLEH PENERJEMAH DAN PENYUNTING BUKAN UNTUK KEGIATAN KOMERSIAL.

Bangsa LEMURIA adalah bangsa satu diantara bangsa yang dikloning dan dikembangkan oleh ADHAMA di ARDH GRUMMA, berdampingan dengan bangsa lainnya seperti RHAMA, INDARRINA, KHAINNA, NIRRANTHEA, LAMBHEKA dan yang lainnya (ATLANTIS hadir kemudian hari). Meski Bangsa LEMURIA dikloning terlebih dahulu, masing-masing memiliki fungsi dan tugas tersendiri dalam memelihara ARDH GRUMMA.

ADHAMA sedari awal memproyeksikan Bangsa LEMURIA sebagai role model bagi ras manusia ARDH GRUMMA. Mereka memiliki tingkat penguasaan energi sebesar 40% dan dibekali teknologi oleh ADHAMA, sehingga kemampuan dan teknologinya lebih maju dibandingkan bangsa lainnya di ARDH GRUMMA.

Jauh sebelum Bangsa LEMURIA, ARDH GRUMMA dihuni oleh bangsa-bangsa dengan tingkat penguasaan energy 100%, yaitu bangsa TARX, MOSRAM, BROPA, dan ZNEZNELA. Namun demikian, kemampuan mereka yang besar itu tidak diiringi dengan moral yang sebanding. ARDH GRUMMA menjadi ajang kompetisi dan medan pertempuran untuk menunjukkan keilmuan, kekuatan, dan tentunya, kekuasaan. Sikap mental ini berdampak buruk bagi ARDH GRUMMA. Manusia-manusia yang seharusnya menjadi khalifah, pemimpin yang seharusnya memelihara dan menjaga ARDH GRUMMA, malah menjadi perusak. Akhirnya ADHAMA menyuruh bangsa TARX, MOSRAM, BROPA dan ZNEZNELA pergi dari ARDH GRUMMA. Lalu, Bangsa LEMURIA dikembangkan. sebagai contoh hidup bagaimana seharusnya kekuatan dan keilmuan yang dimiliki manusia digunakan dengan penuh tanggung jawab meski dengan tingkat penguasaan energy lebih kecil dibandingkan mereka yang memiliki penguasaan energy 100%.

Budaya Bangsa LEMURIA mempengaruhi bangsa-bangsa lain di ARDH GRUMMA, termasuk huruf dan angka LEMURIAN. Huruf dan bahasa LEMURIAN menjadi rujukan bahasa-bahasa baik di ARDH GRUMMA maupun di galaksi lainnya di kemudian hari.

Huruf LEMURIAN terlihat mengalir seperti air, yang tidak saja merupakan satu diantara filosofi hidup Bangsa LEMURIA, namun juga menjadi prinsip dasar pengembangan teknologinya. Penulisan dimulai dari sebelah kanan ke kiri

Cara membacanya pun dimulai dari kanan ke kiri. Pola tulisan seperti air dari kanan ke kiri, merupakan sistem yang diciptakan sesuai dengan sunatullah. Setiap benda dan makhluk hidup di alam semesta terdiri dari molekular yang bergerak dari kanan ke kiri. Dengan demikian otak manusia pun memiliki pola pergerakan dari kanan ke kiri, hingga tulisan pun dan angka yang cocok adalah yang mempunyai pola gerak dari kanan ke kiri.

Huruf LEMURIAN tidak memiliki huruf besan dan huruf kecil. Penggunakan tanda baca seperti titik (.), koma (,), tanda tanya (?), garis miring (/), titik dua (:), titik koma (;), tanda kutip ("), atau kurung tutup dan buka ( ) digunakan tanda baca yang lazim dipakai sesuai kebutuhan. Bahasa Bangsa LEMURIA disebut dengan Bahasa ZHUNNDA.


A

ABABYL (a-ba-bil)
Burung mutan yang bisa menembakkan bola-bola energi. Sebagian orang mengatakan ini adalah burung Phoenix. Kemampuan meregenerasi burung ini sangat luar biasa dengan bulu-bulu yang indah. Burung ini sudah dianggap punah, padahal dibawa ke Planet LEMURIAN.

ABANESS (a-ba-ness)
Satu diantara kendaraan Bangsa LEMURIAN yang terbuat dari bahan KRAIMAN yang setelah diolah, bila dialiri listrik pada bagian tertentu, maka akan terbentuk logam transparan. Fungsi utamanya sebagai kapal selam yang memiliki kecerdasan buatan yang mendeteksi orang yang membutuhkan pertolongan di laut dengan cara menelan tubuh mereka. Kalau manusia yang ditelannya sadar, maka akan langsung diantarkan ke darat, namun bila tidak sadar maka akan dihibernasi dan dibawa ke Benua LEMURIAN untuk mendapat pertolongan medis dari bangsa LEMURIAN. ABANESS juga memiliki kemampuan untuk terbang. ABANESS digunakan pada masa Bangsa LEMURIAN masih berada di Planet Bumi, digunakan Bangsa LEMURIAN untuk menemui Bangsa KRAIRON dengan tujuan berbelanja KRAIMAN. Saat ini ada beberapa ABANESS diantaranya disimpan di piramida RHINGGAMANA. Kecepatan ABANESS diudara maksimal bisa 1665 km/detik atau 5 kali kecepatan suara. Apabila di dalam air maksimal 1 kali kecepatan suara atau 333 km/detik.

ABHA (ab-ha)
Bahasa LEMURIAN yang berarti Bapak; sekarang diadopsi menjadi "Abah" atau "Abhi".

ADHAMA (a-dha-ma)
Bapak dari seluruh manusia. Manusia pertama yang diciptakan dan memiliki tingkat penguasaan energy 100%.

ALLINAGHA (al-li-na-gha)
Pemanfaatan oksigen untuk mengakselerasi sel-el mitokondria manusia agar menghasilkan tenaga lebih besar. Sistem tenaga ini wajib dipelajari oleh seluruh penduduk keturunan LEMURIAN, termasuk anak-anak. Apabila mereka belum mampu harus dibantu orang tuanya dengan sering-sering menyalurkan energinya kepada sang anak melalui tulang belakang.

AMHA (am-ha)
Bahasa LEMURIAN yang berarti Ibu; sekarang diadopsi menjadi "Umma", "Ummi", "Mama", "Mia", dan lain sebagainya.

AMNARUTTA (am-na-rut-ta)
Bapak dari ARKHYTIREMA.

ANN (ann)
Penyebutan "saya" yang digunakan dalam percakapan Bangsa LEMURIAN

ANNTRUKA (ann-tru-ka)
Baju ruang angkasa yang dibuat oleh Bangsa LEMURIA pada tahap PRODIMAAR di ASTEROID. Baju ini memiliki perisai energy sendiri. Jadi, apabila anak-anak LEMURIAN tersebut kehilangan kontrol di dalam mengendalikan energinya, kemudian terjadi kecelakaan, maka baju tersebut akan mengeluarkan semacam tirai pelindung bagi keselamatan pemakainya. Bahan dasar baju ANNTRUKA adalah KRAIMAN dan mampu menahan panas tinggi seperti ANNTRUMA, tetapi memiliki daya serap yang tinggi terhadap keringat. ANNTRUKA menjadi inspirasi kisah Mahabrata, yaitu baju Gatot Kaca.

ANNTRUMA (ann-tru-ma)
Perisai Anti Broja yang kemudian dibuat menjadi baju khusus yang digunakan di TANNUR-TANNUR KRAIMAN.

ANOOM (a-noom)
Kalangan muda.

ARITHMA (a-rith-ma)
Kampung halaman ARKHYTIREMA. ARITHMA adalah kota yang terbesar di antara kata-kota yang lain dan merupakan pusat kegiatan serta pemerintahan Bangsa LEMURIAN.

ARKHYTIREMA (ar-khi-ti-re-ma)
Dikenal dalam cerita rakyat atau legenda sebagai Aki Tirem, Angling Dharma, atau Wali Jangkung dan sebagainya. ARKHYTIREMA memiliki kemampuan super yang sebenarnya adalah kemampuan manusia standar ADHAMA, bahkan kemampuan ARKHYTIREMA masih di bawah kemampuan ADHAMA yang sesungguhnya. Nama ARKHYTIREMA diberikan oleh RHAMIDAAR, pemimpin LEMURIAN. Arti ARKHYTIREMA adalah: ARK (bahtera) KHY (energi), TI (dari), REM (berhentinya ke-12 Planet pada satu garis) dan A (anak, yang biasa dipakai Bangsa KHAINNA untuk memanggil anak). ARKHYTIREMA adalah anak dari AMNARUTTA dan BRINIRHA, yang dilahirkan pada saat dimana proses RHEM terjadi 3 jam lebih cepat dari prediksi Bangsa LEMURIAN, akibat Bangsa TARX mengambil hidrogen matahari untuk proses kloning matahari di Planet KRAIRON.

ARRADUM (ar-ra-dum)
Sebuah virus yang dikembangkan untuk merekayasa genetik, membuat orang yang meminumnya mempunyai kemampuan dan kekuatan tubuh jauh lebih kuat dari sebelumnya. Virus ini digunakan oleh MUMBEDY-seorang ilmuwan dari Planet TRABIX, Gugusan TEROZUM-dipadukan dengan sejenis serangga Planet TRABIX yang bernama GILGAXAR, yaitu serangga yang berbentuk lebah sebesar 50 cm, sehingga mampu menghasilkan kekuatan. Namun, tidak stabil dan justru membuat orang yang meminumnya berubah menjadi monster yang mengerikan dan haus akan daging, sepuluh tahun sejak meminumnya.

ASTEROIDA (as-te-ro-i-da)
Kata ASTEROIDA diambil dari bahasa ZHUNNDA yang berarti batu ruang angkasa. ASTEROIDA adalah suatu tempat di Galaksi Bimasakti yang digunakan sebagai ruang kelas PRODIMAAR. Kira-kira berjarak 5 tahun cahaya dari Planet Bumi. Lokasi dimana ASTEROIDA berserakan sebesar gunung, dan ini adalah yang paling kecil. ASTEROIDA tersebut berputar dan bergerak secara perlahan-lahan.

ATHLANTIS (ath-lan-tis)
Populer dengan istilah ATLANTIS, adalah bangsa agresor atau penjajah bangsa lain dan selalu menyerang Bangsa LEMURIAN. Penduduknya disebut ATHLANTEAN. Bangsa ini bekerja sama dengan Bangsa RHAMA untuk menjajah bangsa-bangsa lain. Bangsa ini mencatat dirinya sendiri di dalam sejarah sebagai bangsa yang besar, makmur, bermartabat, berintelegensi tinggi, baik hati, cantik dan tampan, berjiwa heroik, dan semua hal yang baik-baik. Bangsa ini juga menghilangkan penemuan-penemuan bangsa lain, dengan tujuan agar masyarakat dunia tidak memiliki kemampuan berpikir yang baik.

postingan ini masih dalam proses

Post Top Ad

Halaman

Selamat Datang!

Link download akan error jika menggunakan UC Browser/Mini dan Tolong matikan Adblock untuk membantu situs ini agar terus berkembang.

Berikut adalah Cara Mematikan Adblock untuk Noveliar.

Terimakasih!

×